117007072
Reguler XXXI-Pemasaran
Sekolah Pascasarjana
Magister Manajemen USU
Kuliah pertama Perilaku Konsumen oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc pada hari Minggu, 17 November 2013 di Magister Manajemen Universitas Sumatera Utara.
Bab yang paling menarik dari buku ini menurut saya adalah Bab III tentang Kepribadian. Memahami kepribadian konsumen adalah penting bagi pemasar karena kepribadian bisa terkait dengan perilaku konsumen. Para pemasar harus mengetahui kepribadian konsumen dan apa pengaruhnya terhadap perilaku konsumen. Sehingga pemasar dapat merancang komunikasi yang sesuai dengan sasaran konsumen yaang dituju, sehingga konsumen bisa menerima produk atau jasa yang dipasarkan tersebut.
Contoh : anak muda sekarang kepribadiannya lebih suka pada gaya hidup berkumpul bersama teman, makan, cerita. Dalam hal ini, pemasar harus bisa melihat ini sebagai sesuatu yang menguntungkan dimana pemasar dapat mempromosikan produknya. Pria metroseksual lebih cenderung menggunakan produk mahal dalam menunjang penampilannya.
Pertanyaan yang ingin saya ajukan dari buku Perilaku Konsumen :
1. Bagaimana menurut anda perilaku konsumen anak muda di kota Medan ?
2. Apa motivasi mendasar anda dalam membeli produk ?
3. Apakah konsumen selalu membeli barang berdasarkan kepribadiannya?
4. Kenapa konsumen lebih cenderung menggunakan merek yang memiliki citra yang sesuai dengan konsep diri aktual konsumen tersebut?
5. Bagaimana cara membentuk persepsi yang baik dari konsumen terhadap suatu produk?
Terima kasih
C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar